RSS

Minggu, 02 April 2017

Contoh proposal usaha susu kedelai "SULE"

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada zaman sekarang ini sangat susah untuk mencari produk minuman yang bergizi dan menyehatkan, karena banyak pengusaha minuman hanya memikirkan keuntungan tanpa memikirkan kesehatan konsumen. Oleh karena itu kami menawarkan produk minuman yang sehat dan mengandung gizi yang tinggi dan baik untuk kesehatan para konsumen. Usaha susu kedelai merupakan produk yang memiliki gizi tinggi karena didalam susu kedelai mangandung ekstra kedelai. Ekstra kadelai ini mengandung mineral, vitamin serta mengandung air.Susu kedelai dapat dikonsumsi oleh tua, muda, wanita dan pria. Selain untuk kesehatan, susu kedelai bagus untuk kecantikan bagi wanita yang membuat awet muda dan membuat cantik. Susu kedelai dapat menurunkan berat badan yang dialami oleh wanita maupun pria yang memiliki berat badan di atas standar. Dapat menyembuhkan asam urat dan menurunkan Kolesterol yang dialami oleh tua maupun muda. Dapat membantu meningkatkan ASI dan daya tahan tubuh (Imunitas) bagi seorang istri dan dapat membuat anak-anak tumbuh menjadi sehat dan ceria.
Melihat begitu baiknya pertumbuhan bisnis wirausaha ini, mulai dari perencanaan usaha sampai dengan proses dan manfaat. Maka dengan ini kami ingin membahas masalah tersebut dalam sebuah Tugas Kuliah Enterpreneurship dengan judul BISNIS SUSU KEDELAI .
Usaha pembuatan susu kedelai ini dipilih karena susu kedelai dikenal sebagai minuman fungsional yaitu sebagai minuman kesehatan dan kecantikan. Susu kedelai merupakan minuman yang mengandung ekstraksi dari kedelai, yang memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin. Kandungan gizi yang terkandung didalamnya memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh manusia. Kadar protein kedelai mencapai 35,6% (berat kering), dan pada varitas unggul kadar proteinnya dapat mencapai 40%-43%. Kebutuhan protein ini bersumber dari protein hewani sebesar 55 gram per hari.
Tingginya harga susu sapi menjadi peluang usaha susu kedelai dengan menjadikan susu kedelai menjadi barang subsitusi (pengganti) susu sapi, karena harga susu kedelai lebih murah daripada susu produk hewani sementara kandungan gizinya hampir sama. Sehingga produk ini perlu diperhitungkan dalam menyusun pola menu sehari-hari bagi masyarakat yang memperhatikan kesehatan.
Faktor lain menjadikan usaha susu kedelai prospektif adalah muda dalam pembuatannya. Dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak diperlunya keterampilan khusus sehingga  dapat melakukan pengelolahan kedelai menjadi susu kedelai.





1.2 Konsep Usaha
usaha susu kedelai prospektif adalah muda dalam pembuatannya. Dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak diperlunya keterampilan khusus sehingga  dapat melakukan pengelolahan kedelai menjadi susu kedelai. Selain itu, Tingginya harga susu sapi menjadi peluang usaha susu kedelai dengan menjadikan susu kedelai menjadi barang subsitusi (pengganti) susu sapi, karena harga susu kedelai lebih murah daripada susu produk hewani sementara kandungan gizinya hampir sama. Sehingga produk ini perlu diperhitungkan dalam menyusun pola menu sehari-hari bagi masyarakat yang memperhatikan kesehatan.
Usaha ini saya mulai dari usaha rumahan. Strategi pemasarannya bisa dimulai dari mulut ke mulut ke tetangga, sanak saudara dan temansaya. Misalnya saja saya bisa menawarkan bantuan ke tetangga saya yang sedang mengadakan acara arisan/ulang tahun dengan menerima pesanan minuman susu kedelai. Kalau untuk acara seperti ini tentunya jumlah pesanan tidaklah banyak. Cukup mudah untuk tahap awal.
Dan saya tidak perlu khawatir untuk masalah modalnya. Karena kelebihan dari usaha catering makanan adalah keuntungan yang bisa sampai 2x lipat dari modal. Peluang bisnis ini akan sangat menjanjikan sekali, hal ini karena saingan untuk usaha ini bisa dikatakan belum banyak. Selain itu saya juga dapat mengurangi jumlah pengangguran di daerah tempat tinggal saya, karena saya dapat mempekerjakan orang-orang di sekitar rumah saya untuk membantu usaha yang sedang saya jalankan ini.

1.3 Visi dan Misi
Visi : Ipung Sule dapat menjadi perusahaan susu kedelai pertama dan sukses di skala nasional dan internasional.
Misi :
 1. Ipung Sule menghasilkan produk yang berkualitas dan terjamin mutunya
 2. Ipung Sule menghasilkan produk yang bermanfaat bagi konsumen karena berasal dari alam       100% tanpa bahan pengawet
 3. Ipung Sule memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen
 4. Ipung Sule menjaga kepercayaan konsumen untuk setia terhadap produk yang dihasilkan
Usaha ini dipilih karena  prospek pengolahan kedelai menjadi susu kedelai sekarang ini cukup menjanjikan, kandungan gizi yang terkandung didalamnya memiliki kandungan yang dibutuhkan manusia. Pembuatan susu kedelai ini dipilih karena susu kedelai dikenal sebagai minuman fungsional, sebagai minuman yang bergizi tinggi, minuman yang merupakan hasil ekstraksi dari kedelai ini terutama sekali karena kandungan proteinnya, disamping mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, phosphor, zat besi, provitamin A, Vitamin B kompleks (kecuali B12), dan air. Susunan asam amino hampir sama dengan susu sapi. Untuk  itu produk ini tampaknya perlu diperhitungkan dalam menyusun pola menu sehari-hari bagi insan yang memperhatikan kesehatan. Hanya dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak diperlukannya keterampilan khusus, siapapun dapat melakukan pengolahan kedelai menjadi susu kedelai. produk ini cocok untuk semua kalangan dari tua sampai yang muda. Produk inipun memiliki variasi rasa yaitu rasa original, cokelat, strawberry dan mocca. Variasi rasa inipun ditujukan bagi mereka yang kurang menyukai rasa asli dari susu kedelai tersebut namun kandungan gizi tetap sama.
Sehingga dengan adanya produk ini masyarakat dapat mengetahui manfaat yang terkandung dalam susu kedelai ini dan secara langsung mengajak konsumen untuk membeli produk ini. Untuk menunjang daya beli konsumen maka perusahaan mengadakan iklan di televisi, penyuluhan atupun menerbitkan informasi tersebut di berbagai media seperti Koran, majalah, dll tentang kebaikan dari susu kedelai tersebut atau dapat memesan secara langsung melalui facebook dan e-mail perusahaan. Perusahaan ini rencananya akan berdiri di dekat jalan raya besar yang berpusat dikota Malangsekitar bulan Februari mendatang sehingga masyarakat, khususnya dari kota Malnag mudah menemukan dan penasaran akan susu kedelai tersebut. Tidak hanya itu perusahaan ini juga akan membuka cabang yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga masyarakat luas tahu akan manfaat dari susu kedelai dan dapat ditemukan dengan mudah.

1.4 Tujuan
Tujuan utama Bisnis Sule ini tidak lebih dan tidak lain adalah memperoleh keuntungan karena semua orang yang berbisnis mulanya berawal dari niatan dan keinginan mereka untuk memperoleh keuntungan sehingga muncul ide untuk menjalankan usaha dari keinginan mereka tersebut. Yang kedua dengan mendirikan Bisnis Sule maka saya dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, secara tidak langsung dapat mengurangi jumlah pengangguran. Membuka usaha minuman seperti minuman siap saji untuk saat ini cukup menjanjikan karena dewasa ini masyarat yang cenderung konsumtif dan memperhatikan efisiensi waktu, tempat dan tenaga lebih memilih hal seperti ini ditangani oleh pihak tertentu yang kompeten.
Tujuan usaha Susu Kedelai yaitu :
a. Menyajikan menu minuman baru yang sehat dan bergizi.
b. Memperkenalkan susu kedelai dengan tata cara penyajian yang menarik, enak, dan sehat.
Manfaat usaha Susu Kedelai yaitu :
a. Menu minuman yang sehat dan bergizi bagi semua konsumen.
b. Memberikan rasa yang bervariatif untuk menikmati susu kedelai dengan tata
cara penyajian yang menarik, enak, dan sehat.
c. Membuat masyarakat hidup sehat dengan cara minum minuman yang bergizi.





BAB II
PROFIL USAHA

2.1 Nama Perusahaan
Nama Perusahaan : Ipung Sule
No. Telp : 081-575-920-420

2.2 Nama Pemilik
Nama Pemilik : Dyah Ayu Pungkasari
No. Telp : 085-740-504-296


2.3 Informasi Usaha
Ipung Sule ini adalah usaha rumahan yang melayani atau menyediakan minuman yang
s memuaskan dengan memberikan banyak variasi pilihan baik untuk pesta, hajatan ataupun acara tertentu. Ipung Sule adalah tempat untuk memesan minuman susu kedelai untuk acara dan bisa memesan sesuai dengan keinginan dengan harga yang terjangkau. Kegiatan usaha yang akan saya kembangkan meliputi pembuatan dan pemasaran produk yang dipasarkan dengan cara pemesanan dan jasa lain yang terkait dengan produk-produk tersebut.


2.4 Lokasi Usaha
Usaha Ipung Sule terletak di wilayah Kudus tepatnya di lingkungan tempat saya tinggal minuman sehat ini merupakan susu yang udah siap untuk disantap, sesuai dengan permintaan customer memberikan pelayanan yang terbaik tempatnya yaitu di Desa Bulungcangkring  Rt 02 Rw 01 Jekulo Kudus. Karena di lingkungan ini terdapat tempat strategis yang bisa memungkinkan adanya usaha susu kedelai  ini. Alasan saya mengapa memilih kawasan didekat pemukiman saya, karena disekitaran saya terdapat pabrik yang menurut saya bisa memasarkan produk yang saya buat dan juga  tinggal banyak saudara saya yang berpengalaman dalam hal memasak bahan yang tidak banyak orang tau bagaimana mengolah bahan tersebut,  sehingga saya bisa meminta bantuan dukungan dari saudara-saudara saya.




























BAB III
STRUKTUR ORGANISASI

Berikut ini struktur organisasi Perusahaan Ipung Sule



1. Pemilik : Dyah Ayu Pungkasari
Dimana pemilik ini adalah penggagas dari berdirinya usaha ini. Pemilik bertugas
untuk:
a. pemilik sekaligus pimpinan
b. bertanggung jawab teradap jalannya usaha
c. koordinasi, pengawas, dan mengarahkan seluruh kegiatan
d. pengambil keputusan
e. sebagai quality control

2. Wakil Pemilik : Eni Kristyaningsih
Tugasnya membantu pemilik menerima pesanan catering wakil pemilik juga bertugas untuk membelanjakan bahan-bahan yang diperlukan untuk kegiatan produksi.

3. Bendahara : Dwi Raharjo
Tugasnya adalah:
a. menangani bagian keuangan,
b. mencatat segala keperluan baik pengeluaran atau pemasukan yang dibutuhkan dalam kegiatan produksi.
c. Mengatur segala bentuk keuangan dari Ipung Sule nantinya menghasilkan suatu laporan keuangan, yang disertakan dengan bukti yang jelas.
d. kepala bagian keuangan mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
e. melaksanakan kegiatan keuangan dan administrasi
f. mencatat/pembukuan keuangan perusahaan
g. mengadakan dana untuk proses pembelian bahan dan proses
h. membuat laporan keuangan harian, mingguan, bulanan, triwulan, tahunan
i. bertanggung jawab terhadap sistem keuangan

4. Bagian Pemasaran : Aisyah Shofiana
Tugasnya adalah:
a. untuk memasarkan produk Ipung Sule,
b. mempromosikan produk Ipung Sule dan melayani pemesanan diIpung Sule.
c. Bertugas untuk memasarkan bisnis Ipung Sule ini baik dalam bentuk langsung, pamphlet, maupun dari akun akun internet yang kami miliki seperti instagram,facebook,twitter dan line.
d. Dengan kata lain tugas bagian pemasaran adalah mempromosikan dan mencari pelanggan baru.
e. kepala bagian pemasaran mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja sesuai jobdis
f. mempromosikan dan memasarkan produk
g. mendistribuskan produk ke tempat pemasaran, misalnya; toko, warung, atau bahkan super market terdekat
h. melayani   dengan   ramah,   menanggapi   komplain konsumen dengan ramah dan senyum


5. Bagian Transportasi : Agus Ulin Nuha
Tugasnya adalah mengantarkan pesanan  ke alamat pemesan, membantu segala hal yang berhubungan dengan transportasi.Bagian Ini diperlukan sebagai bagian transportasi dan logistic yang bertugas untuk mengantarkan pesanan ke tempat yg sudah ditentukan.

6. Juru Masak : 1. Diyah Aristiana
  2. Endah Catriana
Tugasnya adalah:
a. kepala bagian produksi mengkondisikan pekerja di bawahnya untuk bekerja
b. sesuai jobdis
c. bertanggung jawab terhadap persiapan dan proses produksi
d. bertanggung jawab terhadap makanan yang dipesan konsumen
e. menjaga kebersihan produk dalam proses produksi
f. mempersiapkan menu dan mempersiapkan makanan untuk catering.
Bagian juru masak ini merupakan bagian yang harus memiliki kuantitas terbanyak karena tugasnya pun sangat penting yaitu memproduksi bahan mentah menjadi bahan jadi yang siap dihidangkan dan bisa memuaskan konsumen dengan rasa yang enak dan tampilan yang menarik. Selain harus memiliki keahlian memasak juru masak juga harus memiliki ide yang menarik, terampil dalam menentukan menu makanan sehingga tercipta masakan dengan menu dan tampilan yang baru.
BAB IV
PRODUK USAHA


A. Karakteristik Produk
Kedelai merupakan  sumber protein yang penting bagi manusia dan apabila ditinjau dari segi harga merupakan sumber protein termurah, sehingga sebagian besar kebutuhan protein nabati dapat dipenuhi dari hasil olahan kedelai. Biji kedelai tidak dapat dimakan langsung karena mengandung tripsine inhibitor yang dapat dinetralkan dengan merebus biji kedelai. Kedelai mengandung asam amino; isoleusin, leusin, lisin, metionin, treonin, triptopan, dan valin yang rata-rata tinggi, kecuali metionin dan fenil alanin. Disampin asam amino yang tinggi, kedelai juga mengandung kalsium, fhosfor, vitamin A dan B yang berguna untuk pertumbuhan manusia.
Protein kedelai lebih tinggi disbanding kacang hijau, beras, jagung, ikan segar, telur ayam, hamper menyamai kadar susu skim kering. Komposisi kedelai dalam 100 gram bahan : 35-45% protein, 18-32% lemak, 12-30% karbohidrat, dan 7% air. Sari kedelai mengandung senyawa lesitin yang sudah dijadikan obat sejak 50 tahun lalu. Lesitin berfungsi sebagai penghancur lemak sehingga membuat seseorang menjadi lebih awet muda. Didalam tubuh, senyawa lesitin akan bekerja mengikis timbunan lemak pada dinding pembuluh nadi, yang kemudian larut dalam darah. Lesitin juga menurunkan kadar kolestrol. (Koswara, 2006)

Dalam pembuatan susu kedelai ini tidak menggunakan bahan pengawet karena dapat menyebabkan efek negatit terhadap pembeli, sehingga pembeli akan sukar untuk membeli susu kedelai ini, dan diharapkan dengan tanpa menggunakan bahan pengawet ini dapat meningkatkan hasil penjualan susu kedelai.

B. Karakteristik Industri
Banyak produk makanan yang dibuat dari bahan baku kedelai, diantaranya adalah susu kedelai, yang dibuat dari ekstrak kedelai. Kadar protein dan komposisi asam amino serta lemak
dalam susu kedelai hamper sama dengan susu sapi, dan komposisinya bervariasi sesuai varietas dan pengolahannya.
Kedelai yang kita peroleh dalam bentuk susu, tahu, dan tempe selain mengandung protein tinggi juga mengandung zat besi, kalsium, vitamin A,B,B1 dan B2 yang lebih banyak dibandingkan jenis kacang lainnya. Bagi penderita kolestrol tinggi , kandungan genestin dan daidzein yang merupakan bagian dari isoflafon dapat membantu mengurangi kolestrol dalam darah. (Koswara 2006b)
Kedelai dapat diolah menjadi susu, tahu, kembang tahu, tempe, keripik, kecap, tauco,dan berbagai macam makanan cemilan lainnya yang berbahan baku kedelai.
Proses pengolahan kedelai menjadi berbagai makanan pada umumnya merupakan proses sederhana dan peralatan yang digunakan cukup dengan alat-alat biasa dipakai dirumah tangga, kecuali mesin pengupas, penggiling(blender), dan cetakan kalau dalam skala besar.(Cahyadi, 2007)
Bahan baku industri berupa buah kedelai tersedia cukup dipasar sehingga dalam industri ini tidak dikhawatirkan kekurangan pasokan bahan baku dalam jangka waktu tiga tahun mendatang.
Dalam industri minuman, pengemasan merupakan tahap terakhir produksi
sebelum didistribusikan. Pengemasan berfungsi sebagai:
1. Wadah untuk memuat produk
2. Memelihara kesegaran dan kemantapan produk selama penyimpanan dan distribusi
3. Melindungi pangan dari kontaminasi lingkungan dan manusia
4. Mencegah kehilangan selama pengangkutan dan distribusi
5. Media komunikasi atau promosi
Beberapa hal yang diperhatikan pada proses pengemasan adalah cahaya, panas, kelembapan, dan gas, mikroorganisme dan serangga. Beberapa yang perlu diperhatikan dalam pengemasan yang menarik konsumen untuk membeli produk, Memahami pelanggan Permasalahan saat ini adalah sebuah kemasan bisa jadi tidak memuaskan kebutuhan pembeli. Menemukan kemasan dengan sifat yang melekat untuk konsumen yang menjadi Target Lebih dari 50% pelanggan mencari kenyamanan juga namun memperhatikan seperti ukuran cetak kemasan dan gampang dalam penggunaan sebagai daftar prioritas mereka. Pastikan karakteristik kemasan sesuai dengan target pasar. Kemasan yang akan digunakan harus dipahami baik itu bahan pengemasnya, bentuk pengemas serta fungsi dari pengemasnya. Beberapa tahun yang lalu kita melewati fase ukuran kemasan besar. Namun saat ini
secara umum tren pembelian bergeser kepada ukuran lebih kecil. Kemasan lebih
kecil bukan berarti keuntungan kecil, dalam banyak kasus bahkan berarti lebih.
Pelanggan berkeinginan membayar kenyamanan premium, kemudahan
menggunakan dan jumlah yang lebih kecil. Produk baru yang kreatif memiliki keuntungan pada pemasaran meskipun teknologi tidak baru tapi aplikasinya baru.
Ada pergantian dari pembelian secara tradisional ke format toko serba ada yang
inovatif.
Keamanan dari pengemas harus menjadi perhatian karena keamanan pengemas berpengaruh juga terhadap keamanan produk dan keamanan konsumen yang memakai. Banyaknya persaingan bahan mengemas membuat kita perlu lebih kreatif dalam membuat pengemas dan bahan pengemas yang dipakai.


C. Keunikan dan Pembedaan produk
Meskipun susu kedelai memiliki kadar protein dan komposisi asam animo yang hampir sama dengan susu sapi, tapi susu kedelai tidak mengandung kolesterol sama sekali. Dari segi harga pun sangat kompetitif dengan susu sapi
Secara umum susu kedelai mengandung vitamin B1, B2, dan niacin dalam jumlah yang setara dengan susu sapi atau ASI. Serta mengandung vitamin E dan K dalam jumlah yang tidak sedikit. Manfaat lain, sebagai penghambat osteoporosis.
Di dalam kedelai mengandung senyawa alami mirip esterogen yang disebut fitoestrogen. Senyawa inilah yang akan menghambat osteoporosis. Maka tidak heran jika orang yang sadar kesehatan lebih memilih susu kedelai. Atau mereka yang alergi dengan susu sapi karena tidak kekurangan enzim lactase dalam saluran pencernaannya, sehingga tidak bias mencerna laktosa dalam susu sapi. Karena itulah, kini banyak orang memburu susu kedelai. Hal ini tentu menjadi peluang industri tersendiri karena penyedia produk ini belum banyak. Untuk mencari produk susu kedelai instan di kota Bengkulu masih cukup susah.




Susu kedelai “IPUNG” ini dibuat dalam aneka rasa sehingga konsumen dapat memilih susu kedelai sehat, hygenis, dan sesuai seleranya.
Susu kedelai selain manfaat diatas juga memiliki khasiat dan manfaat antara lain :
1.      Mengatasi Intolerensi Laktosa.
2. untuk Penderita Autisme.
3.      Minuman untuk Vegetarian
4.      Mengurangi Kadar Kolesterol Darah.
5.      Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Stroke.
6.      Mencegah Diabetes Melitus.
7.      Hambat Menopause dan Cegah Osteoporosis.
8.      Mencegah Migraine
9.       Minuman Anti Kanker.
10.  Mencegah Penuaan Dini (Anti Aging).



























BAB V
ASPEK PEMASARAN
Aspek Pemasaran
A. Segmentasi, Targeting dan Positioning
a. Segmentasi
Yang menjadi segmen dari usaha ini adalah kalangan menengah kebawah.
b. Targeting
Yang menjadi target market adalah semua kalangan,baik anak-anak,remaja,dewasa dan orang tua.
c. Positioning
Kami ingin menciptakan image produk kami di masyarakat sebagai produk yang bersih,sehat,dan murah.
B. Program Pemasaran
a. Tingkat pelayanan
Dalam memasarkan susu kedelai "Sule", kami memberikan layanan yang memuaskan melalui layanan pemesanan dan delivery.
b. Penetapan harga
Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relative sehingga dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar.
c. Kegiatan promosi
Beberapa kegiatan promosi yang dilakukan adalah dengan melalui promosi berupa pamflet dan spanduk, serta promosi langsung dari pintu ke pintu.
d. Kegiatan Distribusi
Untuk kegiatan distribusi, kami menggunakan jasa 2orang tenaga kerja yang akan memasarkan produk ke beberapa warung atau toko terdekat.
C. Aspek teknis dan teknologi
Untuk meminimalkan pengeluaran biaya, kami memilih lokasi produksi susu kedelai "Sulai" ini di rumah salah satu pemilik produk ini agar tidak perlu membayar biaya sewa tempat.Sedangkan untuk mengolah susu kedelai, kami menggunakan mesin penghancur kedelai dengan kapasitas 25 kg kedelai.


D. Aspek manajemen
Pemilik proses produksi susu kedelai "Sulai" ada tiga orang dengan jumlah prosentase kepemilikan yang sama.Sedangkan untuk jumlah tenaga kerja,kami menggunakan jasa 3orang tenaja kerja dimana 1 orang melakukan proses pembuatan susu kedelai,dan 2 lainnya memasarkan susu kedelai tersebut.
Dalam dunia marketing ada istilah STP (Segmentasi-Targeting-Positioning sebelum Anda memasarkan produk susu kedelai Anda. Jadi, pada segmen pasar mana, target/sasaran pasar yang mana susu kedelai hendak dipasarkan? Lalu, bagaimana Anda memosisikan susu kedelai itu. Mau menjadi substitusi susu kaleng tapi lebih murah agar terjangkau kelas ekonomi bawah?
Dari STP ini, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, paling tidak Anda dapat membayangkan ke arah mana sasaran pemasaran Anda. Dalam hal ini, perusahaan kami menargetkan ke kelas ekonomi menengah ke bawah.
Selain itu, dikenal juga istilah bauran permasaran 4P (product, price, place, dan promotion). Artinya, untuk product (produk), seperti apa produk susu kedelai Anda, apa bedanya dengan susu yang lain, apa kelebihannya. Lalu P kedua price (harga), berapa harganya, lebih murah apa lebih mahal dengan susu yanglain. ketiga place (lokasi/tempat). Nah, ini yang dekat dengan tenaga pemasar yang akan direkrut karena ini adalah bagian dari strategi distribusi pemasaran.
Yang terakhir adalan promotion (promosi, yaitu bagaimana upaya Anda untuk menjadikan produk susu kedelai Anda dikenal orang. Oleh karena itu kami menggunakan orang-orang untung berkeliling ke pasar-pasar tradisional untuk mendistribusikannya, atau bisa juga di tempatkan di tempat-tempat kebugaran karena susu kedelai ini baik untuk kesehatan. Dalam hal harga kami juga memberikan kisaran harga yang sangat terjangkau antara Rp 2.500 – Rp 3.000 setiap bungkusnya.

A. ANALISIS PENJUALAN
1. Product (produk)
Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah susu kedelai. Susu kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dikemas dalam plastik ukuran ½ kg. Pada plastik akan disablon dengan label: Susu Kedelai “IPUNG SULE”. Produk yang dihasilkan memiliki manfaat dan kualitas yang tinggi. Sudah diketahui bahwa produk yang terbuat dari ekstrak kedelai ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk proses metabolisme tubuh.
2. Place (lokasi/distribusi)
Usaha ini berlokasi di Jln.Siliwangi No 56 Jekulo Kudus. Adapun sasaran pasar poduk susu kedelai ini adalah karyawan pabrik Djarum dan Masyarakat sekitar Bulungcangkring. Tempat penjualannya di masyarakat, bisa dititip di toko atau warung-warung di sekitar perumahan Bulungcangkring, atau bahkan di supermarket- supermarket terdekat.
3. Price (harga)
Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain dan tren yang berlaku. Jika produk yang menjadi idola (tren) harganya pun bisa dinaikan dari standar harga normal (misal pada saat cuaca panas atau ketika bulan puasa besar kemungkinan produk ini akan dibanjiri konsumen).Adapun rencana harga jual dari produk susu kedelai ini adalah Rp. 3.000 @ ukuran plastik ½ kg.

4. Promotion (promosi)
Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk ini kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus dan media internet sebagai sarana e-business. Untuk promosi melalui internet akan dipromosikan lewat facebook dan situs-situs e-business lainnya seperti: berniaga.com dll. serta melalui blog pemilik usaha yaitu ;
a. FACEBOOK (Dyah Ayu Pungkasari)
b. INSTAGRAM (DYAHAYU_PUNGKASARI)
c. WHATSSAP ( 085740504296)
d. LINE (dyahAyu)

B. ANALISIS OPERASIONAL
1. Desain Produk
Susu kedelai yang telah diproduksi akan dipasarkan dengan dikemas. Pengemasan di sisni dilakukan karena  memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia usaha, karena pengemasan tidak sekedar memberi wadah dari dari produk yang dihasilkan tapi lebih pada pengembanan muatan misi dalam rangka persaingan pasar dan juga peningkatan penjualan. Di mana onsumen akan cenderung tertarik dengan produk yang dikemas dengan rapi dan menarik.
Fungsi kemasan tidak sebatas digunakan sebagai pelindung produk melainkan juga sangat mendukung terjaganya kualitas produk serta adanya peningkatan kelas (penampilan) imej yang baik. Jenis bahan kemasan  yang digunakan adalah plastik ukuran ½ kg.
Selain itu, pada kemesan juga akan diberi label. Pemberian label di sini tidak hanya sekedar tulisan, tapi di dalamnya terkandung pesan-pesan tertentu yang disampaikan pada konsumen. Dengan harapan produknya dapat dikenal oleh konsumen luas, sehingga mudah dicari ketika dibutuhkan. Selain itu label juga berfungsi sebagai jaminan atas kualitas produk, sarana untuk merk dagang, logo perusahaan, nama dan alamat perusahaan, dan berat atau volume produk. Informasi yang ingin disampaikan kepada konsumen tersebut terangkum dalam tulisan yang dicetak pada kemasan produk. Maka pada kemasan plastik akan disablon dengan label: Susu Kedelai “IPUNG SULE” dan juga  logo perusahaan, nama dan alamat perusahaan, dan berat atau volume produk.
2. Proses Produksi
a. Bahan:
1. Kedelai
2. Vanili
3. Gula pasir
4. Garam
5. Maizena
6. Air mineral (galonan)
1. Cara membuat:
a. Kedelai dicuci dan dibersihkan dari kotoran-kotoran seperti pasir, tangkai, dan kulit kedelai, kemudian direndam kurang lebih 2 jam.
b. Rebus kedelai yang telah bersih selama kira-kira 15 menit, lalu rendam dalam air bersih selama kira-kira 12 jam.
a. Cuci sampai kulit arinya terkelupas.
b. Lalu giling kedelai tersebut menggunakan mesin giling.
c. Campur kedelai yang sudah halus dengan air panas. Aduk-aduk campuran sampai rata.
d. Saring campuran dengan kain saring, sehingga diperoleh larutan/sari untuk susu kedelai.
e. Tambakan gula pasir, vanili, coklat, dan garam ke dalam larutan susu, lalu aduk sampai rata dan panaskan hingga mendidih.
f. Setelah dingin susu kedelai yang sudah mengalami beberapa proses atau langkah-langkah di atas maka dikemasdan kini siap untuk di pasarkan.

Proses pengolahan
A. Proses perebusan sari kedelai
Proses ini dilakukan agar bisa mendapatkan sari susu kedelai, caranya diaduk – aduk terus jangan sampai meluap dengan api sedang agar nantinya susu yang dihasilkan tidak pecah.

B. Proses penambahan gula
Proses ini dilakukan agar rasa susu kedelainya tidak begitu ampang, dengan penambahan gula sesuai selera kalau di produk Ipung sule biasanya menggunakan takaran kurang lebih sampai 20 sdm atau ½ kg gula pasir.

C. Proses penambahan vanili
Proses ini dilakukan agar rasa susu kedelai tidak berbau sengur, dapat menambahkan vanili biar lebih berbau harum aan tetapi dalam penambahan ini jangan terlalu banyak vanili dapat menimbulkan rasa pahit didalam susu kedelainya.










D. Proses penggunaan api
Proses ini dilakukan agar susu kedelai yang dihasilkan tidak menjadi warna yangv sempurna maka dari itu sesuaikan api yang sedang dan dalam proses ini susu kedelai yang dimasak harus tetap diaduk agar tidak meluap


E. Proses akhir
Proses ini dilakukan pada taha terakhir, guna menghasilkan produk susu kedelai yang sempurna yaitu aduk hingga mendidih dan berubah warna menjadi putih kecokla- coklatan















BAB VI
 RENCANA KEUNGAN

1) Analisa Biaya Usaha
a. Biaya tetap
No Uraian Jumlah (unit) Harga (Rp) Jumlah harga (Rp) Masa pakai (Th) Penyusutan (Th) Penyusutan (Bln)
1 Transportasi 1 15.000.000 15.000.000 * 1.000.000 83.333,33
2 Diesel giling 1 2.750.000 2.750.000 10 275.000 22.916,67
3 Kain 1 meter 2 Rp. 5000 10.000 1 5.000 416,67
3 Gunting 5 5.000 25.000 2 12.500 1.041,67
4 Bak 6 17.000 102.000 2 51.000 4.250,00
5 Keranjang 4 25.000 100.000 2 50.000 4.166,67
6 Kompor 4 150.000 600.000 6 100.000 8.333,33
7 Panci 4 75.000 300.000 6 50.000 4.166,67
Total 13.887.000 128.625,00

b. Biaya variabel
No Uraian Jumlah(unit) Harga( Rp) Jumlah harga (Rp)
1 Bahan baku
Kedelai 10 kg 12000 120.000
Gula pasir 4 kg 8.000 24.000
Vanili 2 bungkus 2000 4.000
Coklat 2 kaleng 15.000 30.000
2 Bahan pendukung
Gas LPG 8 tabung 17.500 140.000
Plastik ukuran  ½ kg 1 bendel 5.000 5.000
Solar 4 liter 4.500 18.000
Sablon label plastik 1 bendel 3.000 3.000
3 Tenaga kerja
Pencuci kedelai 2 orang 20.000 40.000
Perebus + Penyaring + Pengemas 2 orang 20.000 40.000
Penggiling 1 orang 30.000 30.000
Pengantar utk dipasarkan 1 orang 20.000 20.000
Administrasi keuangan 1 orang 25.000 25.000
Pengadaan bahan 2 orang 25.000 50.000
Total 549.000
Biaya variabel perbulan adalah Rp.549.000 x 30 = Rp. 16.470.000
c. Biaya lain – lain (perbulan)
no Uraian Volume Harga per unit Jumlah harga
Jumlah Unit
1 Transportasi 1 Bln 200.000 200.000
2 Promosi 1 Bln 100.000 100.000
3 Listrik 1 Bln 200.000 200.000
Total 500.000
Jumlah biaya usaha
No Jenis biaya Jumlah biaya (Rp/bln)
1 Biaya tetap 128.625
2 Biaya variabel 16.470.000
3 Lain – lain 500.000
Total 17.098.625

2). Penerimaan, pendapatan dan R/C ratio usaha
No Jumlah produksi Harga perunit (Rp) Penerimaan per hari (Rp) Penerimaan per bulan (Rp)
200 kemasanAmpas 2 kg 3.0005.000 600.00010.000 18.000.000300.000
Total 18.300.000
Pendapatan (laba) perbulan =  total revenue – total cost
= 18.300.000 –17.098.625
=1.201.375
R/C ratio =  total revenue : total cost
= 18.300.000 : 17.098.625,01
= 1,070
Berdasarkan hasil dari Tabel Analisis Biaya dan penghitungan diatas dapat dilihat bahwa bisnis yang dipilih layak untuk dilakukan karena pelaku usaha dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan (R/C ratio > 1).







BAB VII
PENUTUP
KESIMPULAN
Dari hasil perhitungan laba dan aspek-aspek dalam studi kelayakan bisnis,maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembuatan dan penjualan produk susu kedelai "Sulai" ini layak untuk dijalankan, karena memberikan keuntungan yang lumayan besar bagi pemiliknya.Selain itu, dengan adanya proses produksi susu kedelai ini kemungkinan dapat memberikan hal-hal yang positif bagi masyarakat sekitar.
SARAN
Diharapkan agar setiap praktikan dapat aktif dalam percobaan pembuatan susu kedelai sehingga dalam pembuatannya dapat berjalan dengan baik dan efisien.




























BAB VIII
LAMPIRAN

Ini adalah proses pembuatan susu kedelai

 


Ini adalah proses pendinginan yang selesai dimasak, proses ini dilakukan agar susu yang dihasilkan tidak pecah dan jika ditambah varian susu akan tetap kental.



Ini merupakan proses pengemasan yang dikemas dicup kecil yang mudah untuk diminum.
Minuman sehat ini dinikmati dari berbagai kalangan mulai dari anak – anak sampai lansi. Karena mngandung gizi dan protein yang tinggi.














IDENTITAS PEMILIK

Nama : DYAH AYU PUNGKASARI
Tempat / tanggal lahir : KUDUS, 16 SEPTEMBER 1997
Alamat : PECINAN
RT/RW : 2/1
Kel/Desa : BULUNGCANGKRING
Kecamatan : JEKULO
Kabupaten : KUDUS
Jenis kelamin : PEREMPUAN
Agama : ISLAM
Status Perkawinan : BELUM KAWIN
Pekerjaan : PELAJAR/MAHASISWA
Kewarganegaraan : WNI














INI MERUPAKAN TESTIMONI SUSU KEDELAI PRODUK IPUNG SULE

Adik – adik mau berangkat sekolah mampir dulu ke produksi Ipung Sule untuk minum susu kedelainya, agar badannya sehat dan menambah energinya.
Selamat mencoba dan semangat terus belajarnya!!!







TESTIMONI KEDUA
Mau berangkat kantor mampir dulu keproduksi Ipung Sule, biar kerjanya tambah semangat dan badan jadi fresh minum susu kedelainya.
Kerja jadi semangat tubuh tambah sehat!!!!

 

Susu kedelainya mantap
Jadi tambah semangat kerjanya nih!!


Mau pergi ngajar mampir ke Ipung Sule dulu lah.
Mantap rasanya banyak khasiatnya!!
Tidak salah pilih minuman sehat, hanya di Ipung Sule yang bisa dipercayai.

 

Sebelum berangkat sekolah minum susu di Ipung Sule dulu.
Biar tambah semangat sekolahnya.



2 komentar:

Miliana mengatakan...

nice info makasih kak

alfamart palembang

Ghulam Mushthofa Abdul Malik mengatakan...

Izin kopas kak,insyaalloh saya cantumin di proposal saya bahwasannya ngambil referensi dari kakak.

Posting Komentar

 
Copyright Kisah masa sekolah 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .